topads

Jalan Tol JORR W 2 Utara Segmen Ciledug-Ulujami Dioperasikan ,Pengendara Bisa Langsung Menuju Bandara Soekarno-Hatta


Foto -foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) utara segmen Ciledug-Ulujami resmi dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Senin (21/7/2014). Tol sepanjang 2,14 kilometer itu melengkapi jaringan tol lingkar luar Jakarta dari kawasan timur hingga Penjaringan.

Tol JORR W2 utara terbagi menjadi dua seksi. Yaitu, Kebon Jeruk-Joglo yang beroperasi pada 27 Desember 2013 dan Joglo-Ulujami yang baru diresmikan.

Menurut Menteri PU Djoko, meski hanya sepanjang 2,14 kilometer, segmen Ciledug-Ulujami punya peran sangat penting. ’’Tol ini akan melengkapi JORR dari Rorotan di kawasan timur Jakarta sampai Penjaringan. Jadi, pengendara bisa langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta,’’ ujarnya dalam sambutan saat peresmian tol JORR W2 utara, Ciledug, Kota Tangerang.


Dia mengungkapkan, JORR merupakan bagian dari jaringan di Jabodetabek yang menghubungkan ruas tol, seperti Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Soedyatmo. Juga, menjadi alternatif dari jalan tol dalam Kota Jakarta.

’’Mulai Selasa (hari ini, Red) pengguna jalan dari dan menuju Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan jalan tol ini tanpa harus melewati tol dalam kota Jakarta,’’ jelas  Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Bagaimana soal tarif tol? Kendaraan golongan 1, yakni sedan, jip, bus kecil dan sedang, serta truk kecil, dikenai tarif Rp 8.500 untuk ruas Ciledug-Ulujami.

Penyelesaian tol segmen Ciledug-Ulujami sempat terhambat karena pembebasan lahan tak kunjung tuntas. Pembangunan tol JORR W2 sepanjang 7,87 kilometer menghabiskan biaya Rp 2,2 triliun. Sekitar 70 persen pendanaan berasal dari pinjaman Bank Mandiri dan Bank DKI. Tol JORR memiliki panjang 52,34 kilometer. Proyek itu terdiri atas tol JORR seksi S (14,25 km), W2 tahap I dan II (5,72 km), E1 Selatan (4,42 km). Kemudian, tol JORR E1 utara seksi 3 dan 4 (8,1 km), E2 (9,07 km), E3 (3,75 km), dan W2 Utara seksi I dan II (7,87 km).

Pembangunan Tol JORR W2 utara dikerjakan oleh PT Marga Lingkar Jakarta. Sebanyak 65 persen saham perusahaan tersebut dimiliki PT Jasa Marga, dan sisanya PT Jakarta Marga Jaya. (dbs/lasman simanjuntak)


Teks Foto  :  Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto meresmikan operasionalisasi Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR)  Senin  (21/07). Menurutnya pengoperasian segmen ini akan membantu mengurangi tingkat kemacetan, dan akan memberikan kontribusi cukup besar guna mengurangi kepadatan lalu lintas.

Segmen sekitar 2 kilometer yang baru saja diresmikan ini menyempurnakan Jalan Tol Lingkar Jakarta mulai dari Rorotan hingga Penjaringan.  Dengan dioperasikannya segmen tersebut, maka juga menghubungkan lima ruas jalan tol yang lain yaitu tol Jakarta-Cikampek, Serpong-Ulujami, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Prof. Ir. Soediyatmo . (Foto : Anang/Humas Jasa Marga)
Tags: ,

author

BeritaRayaOnline.Com

0 comments

Leave a Reply

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan BeritaRayaOnline.Com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. BeritaRayaOnline.Com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.
BeritaRayaOnline.Com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.