topads

Dirjen Perhubungan Laut Capt.Bobby R Mamahit Naik Kapal Pt.Pelni Ikut Arus Balik Lebaran ke Jakarta

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Kali pertama dalam sejarah, seorang pejabat teras di negeri ini ikut merasakan naik kapal bersama pebalik Lebaran yang hendak kembali ke Jakarta.

Adalah Dirjen Perhubungan Laut (Hubla), Capt. Bobby R Mamahit, yang Senin (4/8/2014) sore ini, dijadwalkan akan naik kapal milik PT Pelni, KM Ciremai, yang akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Ditemani Kepala Otorita Pelabuhan Tanjung Priok, Wahyu Widayat, dan s ejumlah wartawan,  dirjen akan menikmati sekitar sebelas jam perjalanan di laut ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Bobby R Mamahit akan bersama sekitar 1.500 pengendara motor bersama penumpangnya yang mengikuti program mudik dan balik gratis. Program itu digelar Kementerian Perhubungan.

“Tidak hanya gratis tiket untuk motor dan tiga penumpang, peserta mudik dan balik gratis juga mendapat dua kali makan gratis selama perjalanan,” ungkap Kepala Humas Ditjen Perhubungan Laut, Sindu Ayu.

 Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit mengemukakan ada sekitar 700 motor diangkut KM Ciremai. Sehari sebelumnya, Minggu (3/8/2014), KM Ciremai juga mengangkut motor, pengendara dan penumpangnya dengan jumlah yang sama.


“Ikutnya ribuan pengendara motor ini amat menggembirakan kami. Seperti ditegaskan Pak Menteri Perhubungan, bahwa pemerintah berkewajiban untuk menggelar mudik Lebaran secara lancar, nyaman dan aman,” ujar mantan Administrator Pelabuhan Tanjung Priok tersebut.

Dengan menyelenggarakan mudik gratis bagi pengendara motor naik kapal, mantan Kepala BPSDM Perhubungan tersebut menuturkan maka setidaknya ada ribuan anggota masyarakat yang bisa dengan nyaman dan aman bolak-balik bersilaturahmi Lebaran.

Ribuan pengendara motor dan penumpangnya itu, dia mengutarakan terbebas dari biaya transportasi untuk mudik dan balik, terhindar dari kemacetan serta potensi kecelakaan di perjalanan. 



Arus Balik Gratis 

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Capt. Bobby R. Mamahit mengatakan penyelenggaraan arus balik gratis ini merupakan rangkaian dari arus mudik gratis khusus untuk pengendara sepeda motor yang diadakan oleh Kemenhub
Bobby mengungkapkan pada penyelenggaraan arus balik gratis ini, perjalanan akan terbagi menjadi 3 waktu keberangkatan yaitu pada Sabtu (H+4), Minggu (H+5), dan Senin (H+6).
"Pada pelaksanaan mudik gratis kemarin berjalan lancar, dan pada arus balik ini akan terus kita kawal sampai selesai, supaya lancar juga," ujarnya.
Menurutnya, pada penyelenggaraan mudik gratis tahun ini, Kemenhub telah menyediakan 2 buah armada kapal, ditambah dengan 1 buah kapal bantuan dari TNI untuk mengangkut total 7.000 sepeda motor dengan rute perjalanan dari Pelabuhan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.
Program mudik gratis ini bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor agar dapat melakukan perjalanan dengan lebih aman dan nyaman, serta diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya, jelasnya.

(beritatrans.com/bisnis.com/lasman simanjuntak)
Tags: ,

author

BeritaRayaOnline.Com

0 comments

Leave a Reply

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan BeritaRayaOnline.Com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. BeritaRayaOnline.Com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.
BeritaRayaOnline.Com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.